Tips & Trick Otomotif

November 30, 2014

7 Penyebab Claim Asuransi Ditolak

More articles by »
Written by: admin
Tags:

asuransi

Toyota  NEWS – Tidak ada seorang pun yang ingin mengalami kecelakaan. Namun, terkadang meskipun sudah berhati-hati, kecelakaan dapat terjadi tanpa diduga. Untuk dapat melindungi kendaraan dan diri sendiri dari kerugian finansial yang muncul akibat kecelakaan, umumnya orang-orang membeli asuransi.

Tetapi bukan berarti setelah memiliki asuransi maka semua dapat diatasi dengan mudah. Bisa saja pengajuan klaim Anda ditolak oleh perusahaan asuransi, walaupun Anda telah mengikuti prosedurnya dengan benar. Apa saja yang dapat menyebabkan pengajuan klaim asuransi mobil Anda ditolak? Berikut ini 7 Penyebab Claim Asuransi Ditolak :

1. Pengemudi Tidak Memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM)

Pengemudi yang tidak memiliki SIM jelas melanggar aturan dan hukum yang berlaku di Indonesia, oleh karenanya perusahaan asuransi umumnya tidak menerima klaim seperti ini karena merupakan tindak kriminal.

2.  Pengemudi Berada Dalam Keadaan Mabuk

Sama seperti poin di atas, mengemudi saat berada di bawah pengaruh minuman keras atau obat terlarang bertentangan dengan hukum dan pihak asuransi tidak dapat bertanggung jawab atas kerusakan pada mobil yang ditimbulkan karena hal ini.

3.  Kecerobohan Pengemudi

Pengemudi yang memiliki SIM dan tidak berada di bawah pengaruh minuman keras atau obat terlarang bukan berarti tidak pernah melakukan kecerobohan. Kecerobohan yang dimaksud di sini umumnya adalah tindakan yang disengaja seperti menerobos lampu merah, berjalan di atas kecepatan maksimum yang disarankan, meninggalkan kendaraan dalam keadaan tidak terkunci, dan sejenisnya. Beberapa dari tindakan tersebut termasuk dalam pelanggaran peraturan dan akibatnya tidak dapat ditanggung oleh asuransi.

4.  Kendaraan Tidak Layak Pakai

Masalah kecil seperti spion pecah yang belum diganti atau lampu mobil yang rusak dapat mengakibatkan kecelakaan fatal. Jika Anda diketahui mengendarai mobil yang tidak layak, otomatis klaim asuransi Anda akan ditolak.

5.  Pengemudi Tidak Tercantum Dalam Polis Asuransi

Kadang kala, perusahaan asuransi hanya bersedia menyetujui klaim yang diajukan oleh pemilik kendaraan atau orang lain yang namanya telah dicantumkan dalam polis asuransi (biasanya merupakan anggota keluarga). Jika Anda mengalami kecelakaan saat menggunakan jasa pengemudi di luar kebijakan polis asuransi Anda, pihak asuransi berhak menolak klaim Anda.

6.  Kendaraan Digunakan Untuk Keperluan Lain Selain Keperluan Sehari-hari

Jika kendaraan Anda digunakan untuk hal-hal lain seperti berdagang atau bahkan digunakan dalam perlombaan balap, pihak asuransi mungkin akan menolak klaim Anda dengan anggapan bahwa risiko yang ditimbulkan oleh kegiatan tersebut lebih besar daripada yang telah disepakati dalam polis asuransi.

7.  Kendaraan Tidak Diparkir di Tempat yang Aman

Kendaraan yang diparkir di tempat dengan tingkat kejahatan yang tinggi dapat menjadi sebab penolakan klaim asuransi. Umumnya pihak asuransi tidak bertanggung jawab atas kehilangan yang disebabkan oleh buruknya keamanan lingkungan.

(accnews / imoney / image: google.com)

__________________________________________________________________________________
“Astra Credit Companies (ACC), perusahaan pembiayaan kredit mobil terbaik yang memberikan solusi kepemilikan mobil baru dan mobil bekas dengan syarat ringan, proses cepat dan aman.  ACC juga menawarkan kredit mobil untuk jenis kendaraan pickup, truk dan alat berat. Gunakan simulasi kredit mobil untuk menghitung jumlah angsuran.

sumber Acc.co.id